Game Edukasi Database, Algorithm and Network Dalam Tiga Bahasa Berbasis Android

Main Article Content

Ratnawati
Rizal
Markani Kania
Butsiarah
Aminah

Abstract

This research aims to design a dalnet educational game with the adventure genre that can assist students in understanding database, algorithm and network subject matter. As a learning medium to increase interest in learning in informatics engineering students and information systems. In this game, the score is used as the output of the game. The results showed that the application of database, algorithm and network educational games in three languages that got the results of the feasibility test of the system and game testing designed by 88.3%. In addition no specific smartphone specifications are used.

Article Details

Section
Art Jun

References

Arsyad, Azhar. 2016. Media pembelajaran. Jakarta : PT raja grafindo persada.

Dharwiyanti, S. (2003). Pengantar unified modeling language ( U M L ). 1–13.

Husna, N., Sari, S. A., & Halim, A. (2017). Pengembangan media puzzle materi pencemaran lingkungan di SMP negeri 4 banda aceh. pendidikan sains indonesia, 05(01), 66–71.

Hurd, Daniel dan Jenuings, Erin. 2009. Standard- ized educational games ratings: Sug- gested Criteria. karya tulis ilmiah.

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi game geografi berbasis multemedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 rao). jurnal teknologi informasi & pendidikan, 79(6), 2395–2424.

Nurhasanah, Y. I., & Destyany, S. (2011). Implementasi model CMIFED pada multemedia interaktif untuk pembelajaran anala usia TK dan playgroup. Jurnal Informatika, 2(2).

Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang bangun aplikasi game edukasi ragam budaya indonesia. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 12(1).

Pudjo, Prabowo Widodo. 2011. Menggunakan UML. Informatika: Bandung.

Rahman, ridwan arif, & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multemedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 13, 184–190.

Romadhona, F. T., & Yundra, E. (2018). Pengembangan edugame sebagai media pembelajaran berbasis role play game (RPG) pada mata pelajaran simulasi digital kelas X tav di SMKN 3 surabaya. Pendidikan Teknik Elektro, 07, 101–107.

Roedavan, Rickman. 2018. Unity tutorial game engine. informatika : bandun

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: kaukaba dipantara.

Supardi,Ir. Yurniar 2011, Semua bisa menjadi programmer android, PT Elex Media Komputindo, jakarta.

Safaat, Nazruddin h. 2012. Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan table PC berbasis android, cetakan pertama, edisi revisi, penerbit informatika Bandung:Bandung.

Syuhada, A. (2014). Perancangan aplikasi game rancang bangun angka meggunakan metode exact string matching. Pelita informatika budi darma, 7(0911058), 1–6.